trik dan tips

Wawasan Mengenai Macam Rayap Dan Penanganan Menggunakan Jasa Anti Rayap Sidoarjo

Sebagian besar dari anda mungkin sudah tidak asing atau bahkan sangat familiar dengan hewan kecil pengganggu yang bernama rayap. Hewan kecil pengganggu ini juga sering dikenal dengan sebutan silent destroyer. Hal ini karena rayap melakukan penyerangan secara diam-diam. Bahkan kerusakan yang timbul juga secara tiba-tiba. Seringkali orang tidak menyadari serangan rayap hingga bagian bangunan rumahnya sudah mengalami kerusakan parah. Karenanya, serangan rayap ini tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Apa Saja Macam-macam Rayap?

Sebagai hewan pengganggu, ternyata rayap memiliki beberapa jenis. Jenis yang paling terkenal imnya ada dua jenis. Sebelum mengetahui cara penanggulangan rayap, ada baiknya anda tahu apa saja jenis rayap yang dominan menjadi faktor perusak bangunan rumah. Apa saja itu? Di bawah ini bisa anda simak dua jenis rayap yang sering melakukan kerusakan pada bangunan rumah. Diantaranya adalah :

  • Rayap kayu

Jenis rayap yang pertama ini sudah sangat sering dikenal masyarakat. Pasalnya, rayap memang menyukai bahan-bahan berkayu. Karenanya properti bangunan anda yang tebuat dari kayu, akan sangat rentan dengan serangan rayap. Secara umum, rayap kayu ini juga memiliki dua macam jenis. Tak lain adalah rayap yang hidup di kayu kering dan rayap yang hidup di kayu basah. Rayap yang bisa hidup pada kayu kering ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan airnya sendiri. Karenanya rayap jenis ini tidak membutuhkan kondisi tempat yang lembab untuk bertahan hidup.

Berbeda halnya dengan rayap kayu kering, rayap kayu basah memiliki kondisi yang sebaliknya. Rayap ini hanya bisa hidup pada kayu dengan kondisi basah atau lembab. Rayap ini akan membutuhkan kadar air tinggi untuk bertahan hidup pada lingkungan kayu. Meskipun kedua rayap ini hidup pada dua jenis kayu yang berbeda, namun ciri khas keberadaannya adalah sama. Beberapa hal yang bisa anda kenali sebagai kondisi munculnya rayap adalah sebagai berikut :

  • Terdapat tubulus atau jalan masuknya rayap. Biasanya tubulus ini berbentuk lubang-lubang kecil dengan tekstur yang sudah rusak pada permukaan kayu tertentu. Tubulus ini menjadi jalannya rayap dalam memperoleh sumber makanannya.
  • Kondisi kayu yang rusak. Kondisi kerusakan kayu yang disebabkan oleh rayap ini biasanya bisa dikenali dengan keroposnya tekstur kayu. Jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, maka yang terjadi adalah kayu akan habis dan roboh tak bersisa.
  • Rayap tanah

Sama halnya dengan namanya, rayap ini melakukan serangan melalui media tanah. Rayap ini sama bahayanya dengan rayap kayu. Hanya saja, jumlah koloni rayap tanah umumnya jauh lebih banyak dari rayap kayu. Rayap tanah hidup pada permukaan tanah tempat berdirinya bangunan rumah anda. Karenanya, jika tidak dilakukan tindakan pemusnahan akan berakibat buruk bagi bangunan rumah anda sendiri.

Karena ada beberapa jenis rayap yang suka menyerang bangunan ini, maka solusi untuk melakukan pembasmian juga berbeda. Bergantung pada kondisi keparahan rayap tersebut. Nah namun, anda tidak perlu lagi khawatir. Saat ini sudah banyak sekali jasa anti rayap yang beroperasi di berbagai daerah dan wilayah di Indonesia. Misalnya jasa anti rayap Sidoarjo, Surabaya, Malang, dan sekitarnya. Ada begitu banyak jasa yang bisa anda andalkan untuk melakukan pemberantasan hama rayal secara menyeluruh dan secara praktis menggunakan cara yang modern dan kekinian. Salah satu jasa pembasmi rayap yang sudah cukup mashur dan terpercaya adalah Fumida.

Tunggu apa lagi? Segera lakukan aksi berantas rayap agar bangunan rumah anda terhindar dari gangguan rayap tersebut.