Uncategorized
No comments

Salah Satunya Masker Kain, Ini Jenis Masker Penangkal Corona

Di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini masker adalah barang yang wajib digunakan ketika anda keluar rumah. selain cuci tangan masker juga dinilai sangat efektif untuk mencegah penyebaran virus. Virus Corona mudah sekali menyebar lewat percikkan air liur ketika seseorang bersin, batuk atau berbicara. Penularan virus bisa terjadi karena percikan seorang penderita Corona tersebut terhirup orang lain yang ada disekitarnya. Ada beberapa masker yang bisa digunakan untuk menangkal Corona yaitu masker bedah, masker N95 dan masker kain. Di bawah ini akan dijelaskan, tentang ketiga jenis masker tersebut.

  1. Masker Bedah

Masker bedah adalah masker sekali pakai yang dahulu sebelum pandemi Corona muncul sangat mudah ditemukan di mana saja. Namun kini masker bedah cukup langka dan hanya disarankan untuk dipergunakan bagi tenaga medis aja. Sementara itu masyarakat umum diberikan alternatif untuk menggunakan masker kain saja.

Masker bedah dinilai lebih efektif untuk mencegah penyebaran Corona karena memiliki lapisan yang mampu menghindarkan percikkan air liur. Masker bedah terdiri dari 3 lapisan dengan fungsi berbeda. Lapisan luar anti air, lapisan tengah sebagai filter kuman, selalu yang terakhir adalah lapisan dalam untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut.

2. Masker N95

 Yang kedua adalah masker N95, masker jenis ini juga dinilai efektif untuk mencegah virus Corona namun harganya cukup mahal bahkan lebih mahal dari masker bedah. Fungsi masker ini tidak hanya bisa mengharap percikkan air liur tapi juga menghindarkan anda dari partikel kecil di udara yang mungkin saja mengandung virus.

Masker N95 umumnya ketika digunakan sangat ketat di wajah dan didesain memang pas untuk menutupi hidung dan mulut orang dewasa. Penggunaannya tidak disarankan untuk anak-anak karena ukurannya terlalu besar. Meski dinilai sangat aman dan melindungi, namun masker ini tidak diperbolehkan untuk penggunaan sehari-hari karena dinilai membuat orang susah bernapas dan gerah ketika penggunaannya dalam jangka waktu yang lama. Masker ini juga lebih disarankan untuk petugas medis atau penderita Covid- 19.

3. Masker Kain

Masker kain adalah anjuran langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Anda diwajibkan menggunakan masker jenis kain ketika bepergian keluar rumah. Masker ini dinilai efektif untuk menghalau percikkan air liur yang keluar ketika berbicara, napas atau batuk dan bersin.

Meski tidak lebih efektif dari masker bedah, namun masker kain masih bisa digunakan untuk mengurangi penyebaran virus Corona jika digunakan secara tepat. Masker Ini juga masih tepat digunakan bagi seseorang yang positif terkonfirmasi virus Corona namun tidak memiliki gejala.

Masker kain juga dipilih banyak orang karena harganya yang lebih ekonomis dan mudah ditemukan di mana saja. bahkan anda bisa membuat sendiri masker kain dirumah dengan bahan dan peralatan seadanya. namun meski sudah menggunakan masker sebaiknya anda tetap melakukan pengaturan jarak terhadap orang lain dan menghindari kerumunan.

Demikian tiga jenis masker yang dianjurkan untuk mencegah penyebaran virus Corona. Karena masker bedah masih langka dan masker N95 cukup mahal harganya dan tidak disarankan untuk kegiatan sehari-hari, sebaiknya anda menggunakan masker kain. Untuk mendapatkan masker jenis kain dengan harga yang lebih murah namun kualitas baik bisa langsung memesannya di custom.id. Toko ini menjual berbagai model masker dengan beragam motif. Anda bisa membeli minimal 2 pieces, atau melakukan pemesanan dalam jumlah besar.  Di custom.id tidak hanya menjual masker saja tapi juga berbagai keperluan lainnya mulai dari t-shirt,  jaket, hoodie, sport wear, women fashion, men fashion dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*